RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMPN 3 Batu
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII/ Dua
Materi Pokok : Perbandingan dan Skala
-
Konsep perbandiangan
Waktu :
3 X 40menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B.
Kompetensi Dasar
2.1.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika sertamemiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.2 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalahnya dengan menggunakan table dan grafik.
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran
yang tidak diketahui menggunakan grafik.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Melalui proses
pembelajaran perbandingan, siswa mampu :
1. Menemukan konsep perbandingan
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Menemukan konsep perbandingan
2. Menyampaikan temuanya kepada teman-temanya
E.
Materi Pembelajaran
Mengulas
tentang materi pecahan
pecahan adalah
perbandingan sebagian dengan keseluruhan banyak benda dalam suatu perkumpulan.
Contoh : sebuah lingkaran dibagi menjadi8 bagian yang
sama besar. Seperti pada gambar.
Berapa bagian yang diarsir ?
Berapa bagian yang tidak diarsir ?
Definisi
perbandiangan
Perbandingan adalah hubungan antara ukuran-ukuran atau
nilai-nilai dua atau lebih dari objek dalam suatu kumpulan.
untuk
membandingkan dua buah besaran perlu diperhatikan :
a. Bandingkan besaran yang satu
dengan yang lain
b. Samakan satuannya
c. Sederhanakan bentuk
perbandingannya
Rasio adalah suatu bilangan yang digunakan untuk
menyatakan sebuah perbandingan ukuran atau nilai dari dua atau lebih objek.
Pecahan merupakan perbandingan, karena pecahan adalah
perbandingan sebagian dengan keseluruhan banyak benda dalam suatu perkumpulan.
Jika A : B = C : D,maka bentuk tersebut dapat dituliskan menjadi
Contoh :
1.
Banyak siswa laki-laki di kelas VII-i sebanyak 17 siswa dan siswa perempuan
di kelas VII-i sebanyak 10 siswa. Maka perbandiangan siswa laki-laki dan
perempuan di kelas VII-i adalah 17 berbandaing 10.
Rasio
perbandiangan siswa laki-laki dengan siswa permpuan adalah 17 : 10.
2.
Jumlah kelereng Brili dan Dimas adalah 500 butir. Kelereng Brili
dari kelereng Dimas. Berapa banyak kelereng
yang dimiliki Brili dan Dimas ?
Jawab :
Jumlah
kelereng Brili dan Dimas adalah 500 butir
Jumlah
perbandingan = 2+3 =5
Banyak
kelereng Brili
Banyak
kelereng Dimas
3.
Suatu pekerjaan dapat diselesaikan Sigit selama 6 hari. Jika dikerjakan
oleh Dafa memerlukan waktu 12 hari. Jika diselesaikan Intan memerlukan waktu 4
hari. Jika pekerjaan diselesaiakn oleh Sigit, Dafa dan Intan secara bersama dalam
berapa hari pekerjaan itu selesai ?
Jawab :
Sigit dapat menyelesaiakan
pekerjaan dalam 6 hari. Jadi dalam 1 hari ia dapat menyelesaikan
bagian dari pekerjaan.
Dafa dapat
menyelesaiakan pekerjaan dalam 12 hari. Jadi dalam 1 hari ia dapat
menyelesaikan
bagian dari pekerjaan.
Intan dapat
menyelesaiakan pekerjaan dalam 4 hari. Jadi dalam 1 hari ia dapat menyelesaikan
bagian dari pekerjaan.
Jika
diselesaikan oleh Sigit, Dafa, dan Intan secara bersama dalam 1 hari, maka
pekerjaan yang diselesaikan adalah
F.
Metode Pembelajaran
Pengamatan, diskusi kelompok, presentasi, tanya jawab.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Siswa
|
Deskripsi Bentuk Bantuan Guru
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Siswa mendengarakan penjelasan guru
|
1. Memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran ini
dengan semangat
2. Menginformasikan tujuan pembelajaran dan metode
kegiatan yang akan dilakukan
|
10 menit
|
Inti
Mengamati
Menanya
Mencoba
Menalar
Membentuk
jejaring
|
Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya
Siswa mengamati lembar LKS yang diberikan oleh guru
Siswa bertanya pada guru jika ada yang kurang mengerti
Secara berkelompok siswa menyelesaikan soal
Siswa menjelaskan di depan kelas hasil kerja kelompoknya
Siswa dari kelompok lain menaggapi
|
Guru mempersilahkan siswa duduk sesuai dengan kelompoknya dan guru
menomori setiap peserta didik dalam setiap kelompok
Guru membagikan LKS
Guru menjelaskan tentang petunjuk pengerjaan yanga ada di LKS
Guru meminta semua kelompok untuk menyelesakan soal dan semua anggota
kelompok harus memahami
Guru memanggil
salah satu nomor peserta didik dan nomor yang dipanggil dari masing-masing kelompok melaporkan hasil kerja kelompok
mereka
Guru mencatat siswa yang membri tanggapan
|
5 menit
3 menit
2 menit
35 menit
35 menit
20 menit
|
Penutup
|
Siswa yang
didampingi guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang perbandingan
|
Guru memandu
merangkum isi pembelajaran hari ini dan memberikan tugas portofolio pada
siswa
|
10 menit
|
H.
Media Pembelajaran
Lembar Kerja Siswa (LKS), papan tulis.
I.
Sumber Belajar
1.
Sinaga, Bornok, 2013, Buku Siswa Matematika untuk SMP/MTs kelas VII,
Jakarta: Kemendikbud
2.
Sinaga, Bornok, 2013, Buku Guru Matematika untuk SMP/MTs kelas VII,
Jakarta: Kemendikbud
J.
Penilaian
1.
Prosedur penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Berani Bertanya
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
2
|
Berpendapat
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
3
|
Mau mendengarkan
orang lain
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
4
|
Bekerjasama
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
5
|
Rasa ingin tahu
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
6
|
Pengetahuan
|
Tes Tertulis
|
Kegiatan Penutup
|
Instrumnet Pengamatan Sikap (1-4):
Aspek Sikap Sosiak yang
diamati
|
Tally
|
Frekuensi
|
Skor
|
Bertanya
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa bertanya pada
teman atau guru
|
|
|
|
Mengemukakan ide/pendapat
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mengemukakan
pendapatnya
|
|
|
|
Mendengar
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mendengarkan dan
memperhatikan jika orang lain berbica
|
|
|
|
Kerja sama
Siswa senantiasa bekerja sama dengan anggota kelompok
siswa yang lain
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
Rubrik penskoran
Skor 0 tidak melakukan sama sekali aspek yang diamati
Skor 1 melakukan aspek yang diamati 1 kali
Skor 2 melakukan aspek yang diamati 2 kali
Skor 3 melakukan aspek yang diamati 3 kali
Skor 4 melakukan aspek yang diamati lebih 3 kali
Klasifikasi sikap yang diamati
Instrument Pengamatan Sikap (5):
NO
|
Nama
|
Rasa ingin
tahu
|
Tanggungjawab
|
||||
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
SB = sangat
baik B = baik KB = kurang baik
Indikator
perkembangan sikap INGIN TAHU
1.
Kurang baikjika sama sekali
tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu)
dalam proses pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk mencoba atau
bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baikjika menunjukkan
adanya usaha untuk mencoba atau bertanya
dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator
perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1.
Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
2.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi
belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baikjika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
2.
Instrument Penilaian:
Tes Uraian (Waktu : maksimal 10 menit)
Petunjuk :
1.
Kerjakan
soal berikut secara individu, tidak boleh mencontek dan tidak boleh
bekerjasama.
2.
Jawablah
pertanyaan/ perintah dibawah ini.
Soal :
1.
Jumlah umur Dono dan Kasino adalah 90 tahun. Umur Dono
dari umur Kasino.
Berapa umur Dono dan Kasino ?
PEDOMAN PENSKORAN
NO
|
URAIAN
|
SKOR
|
1
|
Jumlah umur Dono dan Kasino adalah 90 tahun
|
1
|
Jumlah perbandingan
|
1
|
|
Umur Dono
|
2
|
|
Umur Kasino
|
2
|
|
JUMLAH SKOR
|
6
|
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran,
Tri Sumardiyaningsih, S.Pd
NIP.
19660721 1989032 008
|
Malang, 05 Februari 2014
Mahasiswa Praktikan,
Yeni Rohma Yanti
NIM.
201010060311137
|
|
|
Kepala Sekolah SMPN 3 Batu
Drs. H. Sudjud Lamudjianto, M.Pd
Pembina Utama Muda
NIP. 19540801 108303 1013
1.
2.
3.
4.
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Nama Sekolah : SMPN 3 Batu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/ Genap
Materi Pokok : Perbandingan dan Skala
Waktu : 35 menit
Indikator : Menemukan konsep perbandingan
KEGIATAN
a. Bentuk kelompok
diskusi yang beranggotakan 4 orang.
b. Diskusikan
masalah berikut, kamudian presentasikan.
DISKUSI
1.
Berapa jumlah
pensil dalam kotak ?
Berapa jumlah
pensil yang berwarna merah ?
Berapa jumlah pensil yang berwarna kuning ?
Berapa jumlah pensil yang berwarna hijau ?
Berapa jumlah pensil yang berwarna biru ?
a)
Berapa perbandingan pensil warna merah dengan biru ?
b)
Berapa perbandingan pensil warna merah dengan hijau ?
c)
Berapa perbandingan pensil warna biru dengan kuning ?
d)
Dari poin (a, b, dan c) diatas tulis dalam bentuk rasio !
e)
Jika ditulis dalam bentuk pecahan berapa bagian pensil dalam kotak yang
berwarna merah ?
f)
Jika ditulis dalam bentuk pecahan berapa bagian pensil pensil dalam kotak
yang berwarna kuning ?
g)
Jika ditulis dalam bentuk pecahan berapa bagian pensil pensil dalam kotak
yang berwarna hijau ?
h)
Jika ditulis dalam bentuk pecahan berapa bagian pensil pensil dalam kotak
yang berwarna biru ?
i)
Menurut kelompok kamu apa itu perbandiangan ?
j)
Menurut kelompok kamu apa itu rasio ?
k)
Apakah semua pecahan termasuk perbandingan, berikan alasanmu ?
l)
Apakah semua perbandingan termasuk pecahan, berikan alasanmu ?
2.
Jumlah kelereng Brili dan Dimas adalah 500 butir. Kelereng Brili
dari kelereng Dimas. Berapa banyak kelereng
yang dimiliki Brili dan Dimas ?
Jawab :
Jumlah
kelereng Brili dan Dimas adalah ...
Jumlah perbandingan
Banyak
kelereng Brili
Banyak
kelereng Dimas
3.
Suatu pekerjaan dapat diselesaikan Sigit selama 6 hari. Jika dikerjakan
oleh Dafa memerlukan waktu 12 hari. Jika diselesaikan Intan memerlukan waktu 4
hari. Jika pekerjaan diselesaiakn oleh Sigit, Dafa dan Intan secara bersama
dalam berapa hari pekerjaan itu selesai ?
No comments:
Post a Comment