Thursday, January 15, 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                  : SMPN 3 Batu
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                 : VII/ Dua
Materi Pokok                    : Perbandingan dan Skala
-          Konsep perbandiangan
Waktu                               : 3 X 40menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B.     Kompetensi Dasar
2.1.   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika sertamemiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.2     Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
4.4     Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalahnya dengan menggunakan table dan grafik.
4.5     Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Melalui proses pembelajaran perbandingan, siswa mampu :
1.      Menemukan konsep perbandingan
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Menemukan konsep perbandingan
2.      Menyampaikan temuanya kepada teman-temanya
E.     Materi Pembelajaran
Mengulas tentang materi pecahan
pecahan adalah perbandingan sebagian dengan keseluruhan banyak benda dalam suatu perkumpulan.
Contoh : sebuah lingkaran dibagi menjadi8 bagian yang sama besar. Seperti pada gambar.
                                                     
Berapa bagian yang diarsir ?
Berapa bagian yang tidak diarsir ?
 


Definisi perbandiangan
Perbandingan adalah hubungan antara ukuran-ukuran atau nilai-nilai dua atau lebih dari objek dalam suatu kumpulan.
untuk membandingkan dua buah besaran perlu diperhatikan :
 a. Bandingkan besaran yang satu dengan yang lain
 b. Samakan satuannya
 c. Sederhanakan bentuk perbandingannya
Rasio adalah suatu bilangan yang digunakan untuk menyatakan sebuah perbandingan ukuran atau nilai dari dua atau lebih objek.
Pecahan merupakan perbandingan, karena pecahan adalah perbandingan sebagian dengan keseluruhan banyak benda dalam suatu perkumpulan. Jika A : B = C : D,maka bentuk tersebut dapat dituliskan menjadi
Contoh :
1.      Banyak siswa laki-laki di kelas VII-i sebanyak 17 siswa dan siswa perempuan di kelas VII-i sebanyak 10 siswa. Maka perbandiangan siswa laki-laki dan perempuan di kelas VII-i adalah 17 berbandaing 10.
Rasio perbandiangan siswa laki-laki dengan siswa permpuan adalah 17 : 10.
2.      Jumlah kelereng Brili dan Dimas adalah 500 butir. Kelereng Brili  dari kelereng Dimas. Berapa banyak kelereng yang dimiliki Brili dan Dimas ?
Jawab :
Jumlah kelereng Brili dan Dimas adalah 500 butir
Jumlah perbandingan = 2+3 =5
Banyak kelereng Brili
Banyak kelereng Dimas
3.      Suatu pekerjaan dapat diselesaikan Sigit selama 6 hari. Jika dikerjakan oleh Dafa memerlukan waktu 12 hari. Jika diselesaikan Intan memerlukan waktu 4 hari. Jika pekerjaan diselesaiakn oleh Sigit, Dafa dan Intan secara bersama dalam berapa hari pekerjaan itu selesai ?
Jawab :
Sigit dapat menyelesaiakan pekerjaan dalam 6 hari. Jadi dalam 1 hari ia dapat menyelesaikan  bagian dari pekerjaan.
Dafa dapat menyelesaiakan pekerjaan dalam 12 hari. Jadi dalam 1 hari ia dapat menyelesaikan  bagian dari pekerjaan.
Intan dapat menyelesaiakan pekerjaan dalam 4 hari. Jadi dalam 1 hari ia dapat menyelesaikan  bagian dari pekerjaan.
Jika diselesaikan oleh Sigit, Dafa, dan Intan secara bersama dalam 1 hari, maka pekerjaan yang diselesaikan adalah 
F.     Metode Pembelajaran
Pengamatan, diskusi kelompok, presentasi, tanya jawab.
G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Siswa
Deskripsi Bentuk Bantuan Guru
Waktu
Pendahuluan
Siswa mendengarakan penjelasan guru
1.      Memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran ini dengan semangat
2.      Menginformasikan tujuan pembelajaran dan metode kegiatan yang akan dilakukan
10 menit
Inti



Mengamati



Menanya



Mencoba
Menalar


Membentuk jejaring
Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya


Siswa mengamati lembar LKS yang diberikan oleh guru

Siswa bertanya pada guru jika ada yang kurang mengerti

Secara berkelompok siswa menyelesaikan soal


Siswa menjelaskan di depan kelas hasil kerja kelompoknya


Siswa dari kelompok lain menaggapi
Guru mempersilahkan siswa duduk sesuai dengan kelompoknya dan guru menomori setiap peserta didik dalam setiap kelompok

Guru membagikan LKS



Guru menjelaskan tentang petunjuk pengerjaan yanga ada di LKS


Guru meminta semua kelompok untuk menyelesakan soal dan semua anggota kelompok harus memahami

Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan nomor yang dipanggil dari masing-masing kelompok melaporkan hasil kerja kelompok mereka

Guru mencatat siswa yang membri tanggapan
5 menit



3 menit



2 menit



35 menit



35 menit




20 menit
Penutup
Siswa yang didampingi guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang perbandingan
Guru memandu merangkum isi pembelajaran hari ini dan memberikan tugas portofolio pada siswa
10 menit

H.    Media Pembelajaran
Lembar Kerja Siswa (LKS), papan tulis.
I.       Sumber Belajar
1.      Sinaga, Bornok, 2013, Buku Siswa Matematika untuk SMP/MTs kelas VII, Jakarta: Kemendikbud
2.      Sinaga, Bornok, 2013, Buku Guru Matematika untuk SMP/MTs kelas VII, Jakarta: Kemendikbud
J.      Penilaian
1.      Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Berani Bertanya
Pengamatan
Kegiatan
2
Berpendapat
Pengamatan
Kegiatan
3
Mau mendengarkan orang lain
Pengamatan
Kegiatan
4
Bekerjasama
Pengamatan
Kegiatan
5
Rasa ingin tahu
Pengamatan
Kegiatan
6
Pengetahuan
Tes Tertulis
Kegiatan Penutup

Instrumnet Pengamatan Sikap (1-4):
Aspek Sikap Sosiak yang diamati
Tally
Frekuensi
Skor
Bertanya
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa bertanya pada teman atau guru



Mengemukakan ide/pendapat
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mengemukakan pendapatnya



Mendengar
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbica



Kerja sama
Siswa senantiasa bekerja sama dengan anggota kelompok siswa yang lain



Total Skor




Rubrik penskoran
Skor 0 tidak melakukan sama sekali aspek yang diamati
Skor 1 melakukan aspek yang diamati 1 kali
Skor 2 melakukan aspek yang diamati 2 kali
Skor 3 melakukan aspek yang diamati 3 kali
Skor 4 melakukan aspek yang diamati lebih 3 kali
Klasifikasi sikap yang diamati
Instrument Pengamatan Sikap (5):
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Tanggungjawab
SB
B
KB
SB
B
KB
1







2







3







...







32







SB = sangat baik    B = baik        KB = kurang baik 
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1.      Kurang baikjika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten 
3.      Sangat baikjika menunjukkan adanya  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baikjika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

2.      Instrument Penilaian:
Tes Uraian (Waktu : maksimal 10 menit)
Petunjuk :
1.      Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh mencontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.      Jawablah pertanyaan/ perintah dibawah ini.
Soal :
1.      Jumlah umur Dono dan Kasino adalah 90 tahun. Umur Dono  dari umur Kasino. Berapa umur Dono dan Kasino ?
PEDOMAN PENSKORAN
NO
URAIAN
SKOR
1
Jumlah umur Dono dan Kasino adalah 90 tahun
1
Jumlah perbandingan
1
Umur Dono  tahun
2
Umur Kasino  tahun
2
JUMLAH SKOR
6

Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran,


Tri Sumardiyaningsih, S.Pd
NIP. 19660721 1989032 008
                            Malang, 05 Februari 2014

  Mahasiswa Praktikan,


Yeni Rohma Yanti
NIM. 201010060311137



Kepala Sekolah SMPN 3 Batu


Drs. H. Sudjud Lamudjianto, M.Pd
Pembina Utama Muda
NIP. 19540801 108303 1013
Nama kelompok :                                                                  Kelas :
1.
2.
3.
4.

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Nama Sekolah             : SMPN 3 Batu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester            : VII/ Genap
Materi Pokok              : Perbandingan dan Skala
Waktu                         : 35 menit
Indikator                     :  Menemukan konsep perbandingan
KEGIATAN
a. Bentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 4 orang.
b. Diskusikan masalah berikut, kamudian presentasikan.
DISKUSI
1.          Berapa jumlah pensil dalam kotak ?
Berapa jumlah pensil yang berwarna merah ?
Berapa jumlah pensil yang berwarna kuning ?
Berapa jumlah pensil yang berwarna hijau ?
Berapa jumlah pensil yang berwarna biru ?

a)      Berapa perbandingan pensil warna merah dengan biru ?
b)      Berapa perbandingan pensil warna merah dengan hijau ?
c)      Berapa perbandingan pensil warna biru dengan kuning ?
d)     Dari poin (a, b, dan c) diatas tulis dalam bentuk rasio !


e)      Jika ditulis dalam bentuk pecahan berapa bagian pensil dalam kotak yang berwarna merah ?
f)       Jika ditulis dalam bentuk pecahan berapa bagian pensil pensil dalam kotak yang berwarna kuning ?
g)      Jika ditulis dalam bentuk pecahan berapa bagian pensil pensil dalam kotak yang berwarna hijau ?
h)      Jika ditulis dalam bentuk pecahan berapa bagian pensil pensil dalam kotak yang berwarna biru ?
i)        Menurut kelompok kamu apa itu perbandiangan ?
j)        Menurut kelompok kamu apa itu rasio ?
k)      Apakah semua pecahan termasuk perbandingan, berikan alasanmu ?
l)        Apakah semua perbandingan termasuk pecahan, berikan alasanmu ?
2.      Jumlah kelereng Brili dan Dimas adalah 500 butir. Kelereng Brili  dari kelereng Dimas. Berapa banyak kelereng yang dimiliki Brili dan Dimas ?
Jawab :
Jumlah kelereng Brili dan Dimas adalah ...
Jumlah perbandingan
Banyak kelereng Brili
Banyak kelereng Dimas
3.      Suatu pekerjaan dapat diselesaikan Sigit selama 6 hari. Jika dikerjakan oleh Dafa memerlukan waktu 12 hari. Jika diselesaikan Intan memerlukan waktu 4 hari. Jika pekerjaan diselesaiakn oleh Sigit, Dafa dan Intan secara bersama dalam berapa hari pekerjaan itu selesai ?


No comments:

Post a Comment