RENCANA Pelaksanaan PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 3 Batu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / Dua
Materi Pokok : Menemukan KONSEP PLSV
-
Menenmukan KONSEP kalimat Tertutup Dan Terbuka
-
Menemukan KONSEP PLSV
Waktu : 2 x 40 Menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai Dan menghayati agama Ajaran Yang dianutnya
2. Menghargai Dan menghayati Perilaku jujur, Disiplin, tanggungjawab, Peduli (Toleransi, gotongroyong), santun, Percaya Diri, hearts berinteraksi Beroperasi Efektif DENGAN Lingkungan sosial Dan alam hearts jangkauan pergaulan Dan keberadaannya
3. Memahami Pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural Dan) berdasarkan rasa Ingin tahunya TENTANG Ilmu Pengetahuan, Teknologi, seni, budaya Berlangganan fenomena Dan Kejadian Tampak mata
4. Mencoba, mengolah, Dan menyaji hearts ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, Dan MEMBUAT) Dan ranah abstrak (menulis, membaca, Menghitung, Menggambar, Dan mengarang) TPU DENGAN Yang dipelajari di sekolah Dan Sumber berbaring Yang sama hearts Sudut pandang / Teori
B.
Kompetensi Dasar:
2.1.
Logis SIKAP Menunjukkan, Kritis, analitik, Konsisten Dan teliti, bertanggung jawab, keresponsifan Dan TIDAK MUDAH Menyerah hearts memecahkan masalah.
2.2. Memiliki rasa Ingin tahu, Percaya Diri, Dan ketertarikan pãda matematika Serta memiliki rasa percya pãda Daya Dan keguanaan matematika, Yang terbentuk melalui Pengalaman Belajar.
3.3. Menyelesaikan Persamaan Dan pertaksamaan variabel Satu linear.
3.4. MEMBUAT Dan menyelesaikan memodelkan matematika Dari masalah Nyata Yang berkaitan DENGAN Persamaan Dan pertidaksamaan linear Satu variabel.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menenmukan KONSEP kalimat Tertutup.
2. Menenkukan KONSEP kalimat Terbuka.
3. Variabel Mengenal PLSV hearts BERBAGAI Bentuk Dan.
D.
TujuanPembelajaran
Penghasilan kena pajak melalui Proses Pembelajaran, Siswa DAPAT:
1. Menemukan KONSEP kalimat Tertutup
2. Menemukan KONSEP kalimat Terbuka.
3. Mengetahui PLSV hearts BERBAGAI Bentuk Dan variabel.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Kalimat Tertutup
Kalimat Tertutup Adalah kalimat berita Yang DAPAT dinyatakan Nilai kebenarannya, bernilai Benar ATAU shalat, Dan TIDAK keduanya.
Kalimat Benar Adalah pernyataan Yang bernilai Benar.
Contoh:
a) Palembang Adalah Ibukota Propinsi Sumatera Selatan.
b) PADA Segitiga sama Sisi SEMUA sudutnya Adalah 60 ° .
c) 3 Adalah Ganjil bilangan.
Kalimat shalat Adalah pernyataan Yang bernilai shalat
Contoh:
a) Pencipta lagu Indonesia Raya Adalah Kusbini.
b) Surabaya Adalah ibu kota Jawa Tengah.
c)
2.
Kalimat Terbuka
Kalimat Terbuka Adalah kalimat Yang Belum DAPAT ditentukan nialai kebenarannya.
Variabel Adalah simbol / lambang Yang memawakili sebarang Anggota Anggota suatu Himpunan semesta.
Variabel Suatu biasanya dilambangkan DENGAN Huruf Kecil.
Contoh:
a) SEBUAH bilangan ditambah lima hasilnya 8, DAPAT Ditulis
b) Ibu kota Negara Indonesia Adalah
c)
3.
Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV)
PLSV Adalah kalimat Terbuka Yang dihubungkan Diposkan Tanda sama DENGAN (=) Dan Hanya Satu mempunyai variabel berpangkat Satu.
Contoh:
a)
Fakta-Fakta Dari kalimat Terbuka di differences
- Variabel Memiliki Satu, Yaitu
- Dihubungkan DENGAN Relasi sama DENGAN
- Pangkat tertinggi
Adalah 1
- JIKA
diganti Menjadi 2, Maka 2 + 7 = 9 merupakan pernyataan Yang bernilai Benar.
- JIKA
diganti Menjadi 3, Maka 3 + 7 = 9 merupakan pernyataan Yang bernilai shalat.
F.
Metode Pembelajaran
Pengamatan, Kelompok Diskusi, belanja (berkunjung Melihat hal hasil temuan Diskusi daki Kelompok berbaring), tanya jawab
G.
Model Pembelajaran
Metode TS-TS (Two-Stay Two Stray)
H.
KegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Siswa
|
Deskripsi Bentuk Bantuan Guru
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Siswa mendengarakan guru Penjelasan
|
1.
Memotivasi Siswa UNTUK mengikuti Pembelajaran Suami DENGAN semangat
2.
Composition Komposisi Menginformasikan Pembelajaran Dan menggunakan metoda Kegiatan Yang dilakukan akan
|
10 Menit
|
Inti
Mengamati
Menanya
Mencoba
Menalar
Membentuk jejaring
|
Siswa Duduk TPU DENGAN kelompoknya
Siswa mengamati lembar kerja Yang diberikan Diposkan oleh guru
Siswa bertanya pãda guru JIKA ADA Yang Kurang Mengerti
Beroperasi berkelompok mendiskusikan lembar kerja
Siswa mencatat hasil temuan Diskusi Kelompok Dan menempelkan hasil temuan Diskusi di Dinding Kelas
Dua orangutan Siswa Dari masing-masing Kelompok bertamu to Kelompok lainya dan 2 Siswa lainya Menunggu di Kelompok UNTUK membagi hasil temuan to Kelompok lainya.
Dua Siswa Yang bertamu Kembali to Kelompok masing-masing Dan melaporkan Serta mendiskusikan hasil temuan temuanya Dari nama kelompok lain.
Siswa mengerjakan soal uji Pengetahuan
|
Guru membagi Siswa hearts beberapa nama kelompok, Dan tiap nama kelompok terdiri Dari empat dalam Siswa
Guru membagikan Lembar Kerja pãda masing-masing Kelompok
Guru menjelaskan TENTANG Petunjuk Pengerjaan Lembar kerja
Guru meminta SEMUA UNTUK Kelompok mendiskusikan masalah Yang pãda diberikan masing-masing Kelompok
Guru mengamati Diskusi Siswa Dan memberikan Bantuan / Arahan JIKA mengalami kesulitan
Guru mengamati jalanya Proses berkunjung Antas Kelompok, seta menilai hasil temuan masing-masing Kelompok
Guru mengamati Serta menilai kerja Siswa perindividu pãda Kelompok
Guru memberikan tes soal
|
60 Menit
|
Penutup
|
Siswa Yang didampingi guru merangkum isi Pembelajaran Yaitu TENTANG PERBANDINGAN
|
Guru memandu merangkum isi Pembelajaran Hari Ini
|
10 Menit
|
AKU M.
Media / Sumber Pembelajaran
Lembar kerja Siswa Dan buku paket
J.
Sumber Belajar
1. Sinaga, Bornok, 2013, Buku Siswa Matematika UNTUK SMP / MTs Kelas VII, Jakarta: Kemendikbud
2. Sinaga, Bornok, 2013, Buku Guru Matematika UNTUK SMP / MTs Kelas VII, Jakarta: Kemendikbud
K.
PENILAIAN
1.
Prosedur PENILAIAN
Tak Ada
|
Aspek Yang dinilai
|
Teknik PENILAIAN
|
Waktu PENILAIAN
|
1
|
Berani Bertanya
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
2
|
Berpendapat
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
3
|
Mau mendengarkan Lain orangutan
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
4
|
Bekerjasama
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
5
|
Rasa Ingin industri tahu
|
Pengamatan
|
Kegiatan
|
6
|
Pengetahuan
|
Tes Tertulis
|
Kegiatan Penutup
|
Instrumnet Pengamatan Sikap (1-4):
Aspek Sikap Sosiak Yang diamati
|
Perhitungan
|
Frekuensi
|
Skor
|
Bertanya
PADA Saat Diskusi kelompok / Kelas Siswa bertanya pãda Teman ATAU guru
|
|||
Mengemukakan ide / Pendapat
PADA Saat Diskusi kelompok / Kelas Siswa mengemukakan pendapatnya
|
|||
Mendengar
PADA Saat Diskusi kelompok / Kelas Siswa mendengarkan Dan memperhatikan JIKA Orang Lain berbica
|
|||
Kerja sama
Siswa Senantiasa Bekerja sama DENGAN Anggota Anggota Kelompok Siswa yang lain
|
|||
Total Skor
|
Rubrik penskoran
Skor 0 TIDAK melakukan sama Sekali ASPEK Yang diamati
Skor 1 melakukan ASPEK Yang diamati 1 kali
Skor 2 melakukan ASPEK Yang diamati 2 kali
Skor 3 melakukan ASPEK Yang diamati 3 kali
Skor 4 melakukan ASPEK Yang diamati Hobi 3 kali
Klasifikasi SIKAP Yang diamati
Instrumen Pengamatan Sikap (5):
TAK ADA
|
Nama
|
Rasa Ingin industri tahu
|
Tanggungjawab
|
||||
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
...
|
|||||||
32
|
SB = Sangat Baik B = Baik KB = Kurang Baik
Indikator Perkembangan SIKAP INGIN TAHU
1.
Kurang Baik JIKA sama Sekali TIDAK berusaha UNTUK Mencoba ATAU bertanya ATAU Acuh tak Acuh (TIDAK mau industri tahu) hearts Proses Pembelajaran
2.
Baik JIKA menunjukkan Sudah ADA usaha UNTUK Mencoba ATAU bertanya hearts Proses Pembelajaran tetapi Masih Belum ajeg / Konsisten
3.
Sangat Baik JIKA menunjukkan adanya usaha UNTUK Mencoba ATAU bertanya hearts Proses Pembelajaran Beroperasi Terus menerus Dan ajeg / Konsisten
Indikator Perkembangan SIKAP tanggungjawab (hearts Kelompok)
1.
Kurang Baik JIKA menunjukkan sama Sekali TIDAK ambil Bagian hearts melaksanakan telkom Kelompok
2.
Baik JIKA menunjukkan Sudah ADA usaha ambil Bagian hearts melaksanakan telkom-telkom Kelompok tetapi Belum ajeg / Konsisten
3.
Sangat Baik JIKA menunjukkan Sudah ambil Bagian hearts menyelesaikan telkom Kelompok Beroperasi Terus menerus Dan ajeg / Konsisten
2.
Instrumen PENILAIAN:
(Terlampir)
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran,
Tri Sumardiyaningsih, S.Pd
NIP. 19660721 198903 2 008
|
Batu, 07 Maret 2014
Mahasiswa Praktikan,
Yeni Rohma Yanti
NIM. 201010060311137
|
No comments:
Post a Comment