Tuesday, January 13, 2015

RPP 2013


RENCANA Pelaksanaan PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah            : SMPN 3 Batu
Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas / Semester           : VII / Dua
Materi Pokok             : Menemukan KONSEP PLSV
-          Menenmukan KONSEP kalimat Tertutup Dan Terbuka
-          Menemukan KONSEP PLSV
Waktu                        : 2 x 40 Menit
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai Dan menghayati agama Ajaran Yang dianutnya
2.      Menghargai Dan menghayati Perilaku jujur, Disiplin, tanggungjawab, Peduli (Toleransi, gotongroyong), santun, Percaya Diri, hearts berinteraksi Beroperasi Efektif DENGAN Lingkungan sosial Dan alam hearts jangkauan pergaulan Dan keberadaannya
3.      Memahami Pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural Dan) berdasarkan rasa Ingin tahunya TENTANG Ilmu Pengetahuan, Teknologi, seni, budaya Berlangganan fenomena Dan Kejadian Tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, Dan menyaji hearts ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, Dan MEMBUAT) Dan ranah abstrak (menulis, membaca, Menghitung, Menggambar, Dan mengarang) TPU DENGAN Yang dipelajari di sekolah Dan Sumber berbaring Yang sama hearts Sudut pandang / Teori
B.     Kompetensi Dasar:
2.1.   Logis SIKAP Menunjukkan, Kritis, analitik, Konsisten Dan teliti, bertanggung jawab, keresponsifan Dan TIDAK MUDAH Menyerah hearts memecahkan masalah.
2.2.   Memiliki rasa Ingin tahu, Percaya Diri, Dan ketertarikan pãda matematika Serta memiliki rasa percya pãda Daya Dan keguanaan matematika, Yang terbentuk melalui Pengalaman Belajar.
3.3.  Menyelesaikan Persamaan Dan pertaksamaan variabel Satu linear.
3.4.  MEMBUAT Dan menyelesaikan memodelkan matematika Dari masalah Nyata Yang berkaitan DENGAN Persamaan Dan pertidaksamaan linear Satu variabel.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menenmukan KONSEP kalimat Tertutup.
2.      Menenkukan KONSEP kalimat Terbuka.
3.      Variabel Mengenal PLSV hearts BERBAGAI Bentuk Dan.
D.    TujuanPembelajaran
Penghasilan kena pajak melalui Proses Pembelajaran, Siswa DAPAT:
1.      Menemukan KONSEP kalimat Tertutup
2.      Menemukan KONSEP kalimat Terbuka.
3.      Mengetahui PLSV hearts BERBAGAI Bentuk Dan variabel.
E.     Materi Pembelajaran
1.      Kalimat Tertutup
Kalimat Tertutup Adalah kalimat berita Yang DAPAT dinyatakan Nilai kebenarannya, bernilai Benar ATAU shalat, Dan TIDAK keduanya.
Kalimat Benar Adalah pernyataan Yang bernilai Benar.
Contoh:
a)      Palembang Adalah Ibukota Propinsi Sumatera Selatan.
b)      PADA Segitiga sama Sisi SEMUA sudutnya Adalah 60 ° .
c)      3 Adalah Ganjil bilangan.
Kalimat shalat Adalah pernyataan Yang bernilai shalat
Contoh:
a)      Pencipta lagu Indonesia Raya Adalah Kusbini.
b)      Surabaya Adalah ibu kota Jawa Tengah.
c)     
2.      Kalimat Terbuka
Kalimat Terbuka Adalah kalimat Yang Belum DAPAT ditentukan nialai kebenarannya.
Variabel Adalah simbol / lambang Yang memawakili sebarang Anggota Anggota suatu Himpunan semesta.
Variabel Suatu biasanya dilambangkan DENGAN Huruf Kecil.
Contoh:
a)      SEBUAH bilangan ditambah lima hasilnya 8, DAPAT Ditulis
b)      Ibu kota Negara Indonesia Adalah
c)     
3.      Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV)
PLSV Adalah kalimat Terbuka Yang dihubungkan Diposkan Tanda sama DENGAN (=) Dan Hanya Satu mempunyai variabel berpangkat Satu.
Contoh:
a)     
Fakta-Fakta Dari kalimat Terbuka di differences
-       Variabel Memiliki Satu, Yaitu
-       Dihubungkan DENGAN Relasi sama DENGAN
-       Pangkat tertinggi  Adalah 1
-       JIKA  diganti Menjadi 2, Maka 2 + 7 = 9 merupakan pernyataan Yang bernilai Benar.
-       JIKA  diganti Menjadi 3, Maka 3 + 7 = 9 merupakan pernyataan Yang bernilai shalat.
F.     Metode Pembelajaran
Pengamatan, Kelompok Diskusi, belanja (berkunjung Melihat hal hasil temuan Diskusi daki Kelompok berbaring), tanya jawab

G.    Model Pembelajaran
Metode TS-TS (Two-Stay Two Stray)
H.    KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Siswa
Deskripsi Bentuk Bantuan Guru
Waktu
Pendahuluan
Siswa mendengarakan guru Penjelasan
1.      Memotivasi Siswa UNTUK mengikuti Pembelajaran Suami DENGAN semangat
2.      Composition Komposisi Menginformasikan Pembelajaran Dan menggunakan metoda Kegiatan Yang dilakukan akan
10 Menit
Inti



Mengamati



Menanya


Mencoba
Menalar



Membentuk jejaring
Siswa Duduk TPU DENGAN kelompoknya


Siswa mengamati lembar kerja Yang diberikan Diposkan oleh guru

Siswa bertanya pãda guru JIKA ADA Yang Kurang Mengerti

Beroperasi berkelompok mendiskusikan lembar kerja



Siswa mencatat hasil temuan Diskusi Kelompok Dan menempelkan hasil temuan Diskusi di Dinding Kelas

Dua orangutan Siswa Dari masing-masing Kelompok bertamu to Kelompok lainya dan 2 Siswa lainya Menunggu di Kelompok UNTUK membagi hasil temuan to Kelompok lainya.

Dua Siswa Yang bertamu Kembali to Kelompok masing-masing Dan melaporkan Serta mendiskusikan hasil temuan temuanya Dari nama kelompok lain.

Siswa mengerjakan soal uji Pengetahuan
Guru membagi Siswa hearts beberapa nama kelompok, Dan tiap nama kelompok terdiri Dari empat dalam Siswa

Guru membagikan Lembar Kerja pãda masing-masing Kelompok


Guru menjelaskan TENTANG Petunjuk Pengerjaan Lembar kerja

Guru meminta SEMUA UNTUK Kelompok mendiskusikan masalah Yang pãda diberikan masing-masing Kelompok

Guru mengamati Diskusi Siswa Dan memberikan Bantuan / Arahan JIKA mengalami kesulitan

Guru mengamati jalanya Proses berkunjung Antas Kelompok, seta menilai hasil temuan masing-masing Kelompok



Guru mengamati Serta menilai kerja Siswa perindividu pãda Kelompok




Guru memberikan tes soal
60 Menit
Penutup
Siswa Yang didampingi guru merangkum isi Pembelajaran Yaitu TENTANG PERBANDINGAN
Guru memandu merangkum isi Pembelajaran Hari Ini
10 Menit

AKU M.       Media / Sumber Pembelajaran
Lembar kerja Siswa Dan buku paket
J.      Sumber Belajar
1.      Sinaga, Bornok, 2013, Buku Siswa Matematika UNTUK SMP / MTs Kelas VII, Jakarta: Kemendikbud
2.      Sinaga, Bornok, 2013, Buku Guru Matematika UNTUK SMP / MTs Kelas VII, Jakarta: Kemendikbud
K.    PENILAIAN
1.      Prosedur PENILAIAN
Tak Ada
Aspek Yang dinilai
Teknik PENILAIAN
Waktu PENILAIAN
1
Berani Bertanya
Pengamatan
Kegiatan
2
Berpendapat
Pengamatan
Kegiatan
3
Mau mendengarkan Lain orangutan
Pengamatan
Kegiatan
4
Bekerjasama
Pengamatan
Kegiatan
5
Rasa Ingin industri tahu
Pengamatan
Kegiatan
6
Pengetahuan
Tes Tertulis
Kegiatan Penutup

Instrumnet Pengamatan Sikap (1-4):
Aspek Sikap Sosiak Yang diamati
Perhitungan
Frekuensi
Skor
Bertanya
PADA Saat Diskusi kelompok / Kelas Siswa bertanya pãda Teman ATAU guru



Mengemukakan ide / Pendapat
PADA Saat Diskusi kelompok / Kelas Siswa mengemukakan pendapatnya



Mendengar
PADA Saat Diskusi kelompok / Kelas Siswa mendengarkan Dan memperhatikan JIKA Orang Lain berbica



Kerja sama
Siswa Senantiasa Bekerja sama DENGAN Anggota Anggota Kelompok Siswa yang lain



Total Skor




Rubrik penskoran
Skor 0 TIDAK melakukan sama Sekali ASPEK Yang diamati
Skor 1 melakukan ASPEK Yang diamati 1 kali
Skor 2 melakukan ASPEK Yang diamati 2 kali
Skor 3 melakukan ASPEK Yang diamati 3 kali
Skor 4 melakukan ASPEK Yang diamati Hobi 3 kali
Klasifikasi SIKAP Yang diamati
Instrumen Pengamatan Sikap (5):
TAK ADA
Nama
Rasa Ingin industri tahu
Tanggungjawab
SB
B
KB
SB
B
KB
1







2







3







...







32







SB = Sangat Baik B = Baik KB = Kurang Baik             
Indikator Perkembangan SIKAP INGIN TAHU
1.      Kurang Baik JIKA sama Sekali TIDAK berusaha UNTUK Mencoba ATAU bertanya ATAU Acuh tak Acuh (TIDAK mau industri tahu) hearts Proses Pembelajaran
2.      Baik JIKA menunjukkan Sudah ADA   usaha UNTUK Mencoba ATAU bertanya hearts Proses Pembelajaran tetapi Masih Belum ajeg / Konsisten 
3.      Sangat Baik JIKA menunjukkan adanya   usaha UNTUK Mencoba ATAU bertanya hearts Proses Pembelajaran Beroperasi Terus menerus Dan ajeg / Konsisten
Indikator Perkembangan SIKAP tanggungjawab (hearts Kelompok)
1.      Kurang Baik JIKA menunjukkan sama Sekali TIDAK ambil Bagian hearts melaksanakan telkom Kelompok
2.      Baik JIKA menunjukkan Sudah ADA   usaha ambil Bagian hearts melaksanakan telkom-telkom Kelompok   tetapi Belum ajeg / Konsisten
3.      Sangat Baik JIKA menunjukkan Sudah ambil Bagian   hearts menyelesaikan telkom Kelompok   Beroperasi Terus menerus Dan ajeg / Konsisten
2.      Instrumen PENILAIAN:
(Terlampir)


Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran,


Tri Sumardiyaningsih, S.Pd
NIP. 19660721 198903 2 008
                           
                            Batu, 07 Maret 2014
                            Mahasiswa Praktikan,


                           Yeni Rohma Yanti
                             NIM. 201010060311137

No comments:

Post a Comment